Pencemaran Lingkungan

PENCEMARAN TANAH

              sampah1  Di dalam tanah terdapat makhluk hidup yang sangat mempengaruhi kualitas tanah. Misalnya cacing tanah yang dapat membuat tanah menjadi gembur sehingga oksigen dan air dapat mencapai akar tanaman. Bakteri pembusuk yang dapat menguraikan zat-zat organik menjadi zat-zat yang menyuburkan tanah. Semua makhluk hidup secara serasi dan seimbang dapat menjaga kesuburan tanah. Permasalahannya, aktivitas manusia baik sadar atau tidak dapat mengganggu keserasian dan keseimbangan tersebut. Contohnya dengan menggunakan zat-zat kimia yang bertujuan membasmi hama tetapi kenyataannya justru meracuni dan membunuh makhluk hidup yang ada didalam tanah. Sumber pencemaran tanah antara lain :

  1. Pupuk buatan

Kemajuan ilmu dan teknologi telah memungkinkan kita membuat pupuk buatan, misalnya urea, ZA, dan phospat. Namun penggunaan pupuk sevara berlebihan dapat mencemarkan tanah.

  1. Bahan polimer

Salah satu polimer yang berguna dikehidupan sehari-hari adalah plastik. Benda-benda yang dahulu terbuat dari logam, kayu, kertas, kain telah digantikan dengan plastik. Tetoton, poliester, dan nilon termasuk polimer dari bahan pakaian. Bahan-bahan yang terbuat dari polimer tersebut penguraiannya secara alamiah berlangsung sangat lambat dan hal ini menimbulkan pencemaran tanah.

  1. Limbah/sampah

Penyebab dari sampah yang menggunung dimana-mana yaitu karena sampah dan limbah rumah tangga (terutama di kota-kota besar) jumlahnya begitu banyak sehingga kecepatan mikroorganisme untuk menguraikan tidak sebanding dengan jumlah sampah yang dihasilkan.

Beberapa alternatif pemerintah daerah untuk menanggulangi masalah sampah :

  1. Melakukan pemisahan sampah organik dan non organik dengan cara menyediakan tempat sampah yang terpisah, melakukan sosialisasi, serta pelatihan bagi pemisah sampah disumber timbulan.
  2. Tempat pembuangan sementara dengan kontainer tertutup agar mudah diangkut dan tidak menimbulkan kemaceta lalu lintas pada saat pemindahan sampah dari TPS ke truk pengangkut.
    kontainer-sampah-300x224
  3. Alat kompostring yang dapat mengolah sampah organik menjadi kompos.
    komposter2

 

About imroatulislamiya41

Mudah untuk suka Tapi mudah untuk B.O.S.A.N Mudah untuk semangat Tapi mudah untuk PUTUS ASA
This entry was posted in Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s